dismenore ummaroom
Daily Life

Dismenore

Bismillah,

Sekarang harusnya aku istirahat ya, tapi nggak tau pengen nulis aja. Pengen curhat di sini, haha. Mumpung ada waktu karena anakku sudah tidur. Hari ini tuh haid hari pertama dan rasanya ampun-ampunan banget. Aku jadi nggak bisa beraktifitas seperti biasa sama sekali.

Yang paling pertama dirasakan adalah kepalaku pusing. Rasanya sama seperti vertigo, kepala rasanya melayang semua goyang-goyang. Kebayang nggak sih? Jangan deh jangan dibayangin. Beneran nggak enak dan nggak nyaman sama sekali. Meskipun aku sudah melambat. Maksudnya melakukan semua aktifitas dengan lebih santai dari biasanya. Tapi tetep aja tiba-tiba jadi blackout gitu.

Kedua, aku merasakan dismenore dengan kontraksi intens persis kaya kontraksi melahirkan. Rasa nyeri yang berirama, ada intervalnya. Udah kaya cucian basah yang mau dijemur tau nggak. Harus diperes dulu sampe melintir-melintir supaya kering. Apa jangan-jangan emang gitu ya cara kerjanya? Haduuuhhh

Ketiga, aku berasa jadi lebih lemot, ling-lung and such. Ini otak diajak mikir susah bener. Lamaaa banget prosesnya. Kenapa gitu sih? Bawaannya pengen tiduuurrr mulu, rebahan muluuuu, nggak mau diganggu pengen di kasur aja tarik selimut. Nggak mau mikir karena kalau maksa jatuhnya balik ke gejala pertama, pusing.

Terakhir ini yang aku rasain di hari pertama menstruasi adalah mood swing banget banget banget. Sebagai orang yang apa apa mengandalkan mood untuk beraktifitas, ini beneran ganguuuu banget. Otakku bisa dong secara otomatis mikir hal-hal sendu. Terus mereka (pikiran dan perasaan) perang dan jatuhnya overthinking. Parah!

Anehnya nyeri haid yang kaya begini nih aku rasain setelah melahirkan. Sebelumnya aku nggak pernah loh ngerasain nyeri haid sampai sebegininya. Bahkan dulu zaman sekolah suka heran, kok bisa orang-orang haid sampai nggak masuk sekolah, sampai pingsan dan lain-lain.

Kalian ngerasain juga nggak sih, Bu? Ini kenapa sih? Apa karena aku melahirkan dengan cara operasi ya jadi fungsi rahimnya ikut berubah? Atau karena aku balik konsumsi karbohidrat dan gula berlebih? Nerapin pola makan ketofastosis lagi kali ya biar balik kaya dulu haidnya. Tuh tuh kan overthinking. Pffttt. (*)

Baca juga: Ketrampilan Tidur ala Ayam Wajib Dikuasai Ibu Baru

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.