Blog,  Cooking

7 Kreasi Resep Makarel Kaleng, Dijamin Irit Sampai Seminggu!

Memasak resep makarel kaleng ternyata bisa dijadikan solusi berhemat di masa pandemi ini. Masa yang memaksa kita untuk mengaktifkan tombol survive. Salah satunya bertahan hidup dalam keadaan ekonomi yang terbatas. Nah, ulasan resep makarel di bawah ini bisa loh dijadikan inspirasi untuk berhemat di masa krisis.

Tumis Makarel

Resep klasik nan praktis ini sudah menjadi langganan kita jika ingin memasak makarel kaleng. Anda cukup mencampurkan makarel ke dalam penggorengan berisi tumisan bawang merah, bawang putih dan daun bawang ke dalam penggorengan. Tambahkan air, gula dan garam secukupnya untuk menambah cita rasa.

Makarel Bakar

Sajian makarel kalengan juga bisa dikreasikan dengan cara membakarnya. Keluarkan makarel kalengan dan pisahkan dari sausnya. Anda bisa membakarnya di atas pan anti lengket atau memanggangnya di dalam oven. Panggang hingga bumbu meresap dan makarel berwarna kecoklatan. Pastikan teksturnya crunchy di luar dan juicy di dalam.

Pasta Makarel

Selain menumisnya, ada cara baru untuk menyantap hidangan makarel yang bisa menggugah selera, yakni dengan dengan mencampurnya dengan pasta. Campur pasta yang sudah direbus dan dicampur dengan minyak zaitun ke dalam pan. Masukan makarel ke dalam tumisan pasta dan tambahkan sedikit oregano dan peterseli.

Crispy Makarel

Aha, mengolah bahan makanan dengan mencampurkannya ke dalam adonan tepung sepertinya sudah menjadi ciri khas ibu-ibu. Selain praktis, kreasi olahan makarel ini sangat disukai anak-anak karena tampilannya yang menyerupai ayam goreng tepung renyah. Ya, crispy makarel ini bisa menjadi alternatif makanan untuk anak Anda yang picky eater.

Resep Makarel Kaleng Kuah Pedas

Wah siapa yang tidak suka dengan makanan pedas? Makanan pedas jika disantap pada waktu yang tepat ternyata bisa meningkatkan mood loh. Ikan makarel kaleng yang lembut bisa juga dimasak dengan tambahan irisan cabai merah atau saus cabai. Tambahkan juga sedikit bumbu seperti saus tiram atau kaldu jamur supaya rasa pedasnya tidak meninggalkan rasa pahit.

Rice Bowl Makarel

Apakah Anda merindukan makan makanan kekinian seperti rice bowl yang tersaji di restoran terkenal? Jika iya, jangan sedih, karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya, lumuri makrel dengan kecap asin lalu panggang. Setelah matang sajikan di atas nasi hangat dan taburi dengan daun bawang. Rice bowl makarel siap disajikan.

Semur Makarel

Bosan dengan sajian makarel dengan saus tomat? Kalau begitu coba ganti dengan saus kecap. Tiriskan makarel dari sausnya. Lalu masak ikan makarel ke dalam saus kecap yang telah dibumbui dengan ulekan ketumbar, bawang putih dan bawang merah. Masak hingga kuah mengental. Masukan bahan pendamping lainnya seperti Tofu agar lebih nikmat.

Bagaimana, mudah bukan membuatnya? Kreasi resep makarel kaleng ini bisa diterapkan di rumah Anda. Bahan-bahannya tidak ribet dan cara memasaknya sangat praktis. Bagi ibu rumah tangga yang harus menghemat anggaran keluarga, resep ini bisa digunakan sampai seminggu loh.

Picture by Unsplash

Artikel ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah WhatsApp kelas menulis artikel pemula oleh Anggi Putri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *